DPTPH Kaltim Gelar Pasar Pangan Murah

Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali menggelar Operasi Pasar Gelar Pangan Murah. Kegiatan itu akan berlangsung selaam tiga hari, sejak Selasa hingga Kamis, 4 – 6 Oktober 2022 di Halaman Kantor DPTPH Jalan Basuki Rahmat, Samarinda.

Dalam operasi pasar tersebut, berbagai bahan kebutuhan pokok dengan harga murah dijual. Mulai dari beras, telur, daging ayam hingga sayur-mayur. Sedikitnya sebanyak 52 stan berpartisipasi dalam gelaran pasar murah tersebut.

Tak hanya sembako dan kebutuhan pokok lainnya. Pasar murah juga di isi dengan produk olahan pertanian dan peternakan, buah-buahan, serta kerajinan tangan.
Kepala DPTPH Kaltim Siti Farisyah Yana mengatakan, pembukaan gelar pangan murah bertujuan untuk menyediakan bahan pangan pokok atau sembako. Yang bisa dibeli dengan harga relatif lebih murah.

Sepanjang tahun 2022, DPTPH telah melaksanakan gelar pangan murah sebanyak 8 (delapan) kali di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Kaltim.

“Ketika ada sinyal perubahan harga antara 10 sampai 20 persen, kami gelar pangan murah seperti ini. Tapi kalau ketersediaan sedang kosong, kami lakukan subsidi ongkos angkut untuk kebutuhan pangan yang di datangkan dari luar daerah,” kata Yana dalam pembukaan Gelar Pangan Murah, Selasa (4/10/2022).

Adapun harga-harga kebutuhan pokok dalam Gelar Pangan Murah di pastikan lebih terjangkau dan di bawah harga pasar normal. Mulai dari beras yang dengan harga mulai dari Rp43 ribu hingga Rp57 ribu per 5 kilogram (kg). Telur sepiring seharga Rp48 ribu, Gula Pasir 1 kg Rp13 ribu, Minyak Goreng 13 ribu per liter dan 4 ekor ayam potong seharga Rp100 ribu.

Sumber : Kaltim.akurasi.id