Mengenal anggrek Dendrobium

Dendrobium merupakan salah satu jenis anggrek yang paling dikenal oleh para pecinta anggrek, mulai dari kalangan pemula sampai para para kolektor tanaman hias. Jenis anggrek Dendrobium bermacam-macam; secara garis besar dikelompokkan menjadi 36 seksi dan terbagi lagi menjadi sekitar 1700 spesies dengan varietas yang memiliki keunikan pada bentuk bunga, warna bunga, bentuk daun dan bentuk batangnya. Munculnya varietas baru yang unik pada dendrobium ini dihasilkan dari proses persilangan antar spesies. Hal ini menyebabkan para pecinta anggrek tertarik untuk mengkoleksi setiap jenisditjenhorti Anggrek jenis Dendrobium memiliki ciri batang (pseudobulb) mulai dari ukuran 5-10 Cm sampai dengan 5 meter tergantung jenis/spesiesnya. Untuk keperluan tanaman hias, pemilihan jenis spesies diperlukan dalam menentukan media tanam dan penempatan. Ciri lain dari Dendrobium adalah pada daun; daun Dendrobium sebagian besar berwarna hijau, hijau berurat ungu dan hijau kekuningan. Bentuk daun ada yang membulat, lancet dan lancet membulat dengan ketebalan dan ukuran bervariasi. Posisi daun berpasangan atau berpasangan pada batang (Pseudobulb).

Keunikan utama pada Dendrobium terletak pada warna dan bentuk bunga. Berdasarkan bentuk bunganya Dendrobium dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

1. Kelompok bunga bulat, terbagi atas dua macam yaitu bunga bulat menutup dan bunga bulat menumpuk. Bunga bulat menutup mempunyai ciri kelopak dan mahkota bunga saling berdekatan dan saling menutupi. Sedangkan bunga bulat menumpuk berciri kelopak dan mahkota bunga saling menumpuk. Contoh spesiesnya adalah Dendrobium biggibum

2. Kelompok bunga berbentuk tanduk memiliki ciri mahkota bunga tegak, lurus melintir menyerupai bentuk tanduk rusa. Contoh spesiesnya adalah Dendrobium sutiknoi

3. Kelompok bunga berbentuk bintang memiliki ciri mahkota bunga berbentuk memanjang, antara kelopak dan mahkota terdapat rongga/celah.

Karakter unik dari Dendobium juga terletak pada warna bunga yang varian dan coraknya sangat banyak, mulai dari putih, kuning, hijau, ungu, merah keunguan , dan lain-lain.