Mengenal Jambu Kristal (Guava Crystal)

Meski tergolong sebagai buah yang populer, masih ada sebagian orang yang tidak tahu tentang jambu kristal. Buah turunan jambu biji ini diketahui berasal dari Distrik Kao Shiung Taiwan pada tahun 1991.

Jambu kristal diketahui dapat berbuah dan berbunga sepanjang tahun. Secara morfologi, batang jambu kristal berkayu keras dan tidak mudah patah. Kemudian bunga jambu kristal tergolong sebagai bunga tunggal dengan kelopak berbentuk corong.

Jambu kristal merupakan tanaman tropis yang dapat tumbuh dengan intensitas curah hujan berkisar 1.000-2.000 mm per tahun. Budidaya jambu kristal di Indonesia tergolong cukup tinggi karena pemintaan pasar terus melonjak.

Bagi kamu pecinta jambu kristal pasti tahu bahwa varian jambu ini lebih mahal dibanding kawan-kawannya. Pulau Jawa menjadi sentra penanaman buah jambu kristal terbesar di Indonesia. Jambu kristal memiliki beragam manfaat di balik nilai ekonomi yang lebih tinggi itu.
Jambu kristal dengan teksturnya yang renyah menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan sistem pencernaan hingga mengobati sariawan.
Sebagai salah satu jenis jambu biji, jambu kristal yang memiliki nama latin Psidium guajava menyimpan banyak kandungan nutrisi.